Lingkungan Santo Yohanes Pembaptis – Sampangan Baru

Sejarah lingkungan

Lingkungan Yohanes Pembaptis dahulu dikenal dengan sebutan lingkungan Sampangan, dimana wilayahnya masih dari Stonen hingga terowongan Kretek Wesi. Lalu pada tahun 1982, dipecah menjadi 2 wilayah, yaitu wilayah Sampangan I berubah namanya menjadi wilayah Sampangan baru hingga saat ini.

 

Latar belakang pemilihan nama pelindung

Pemilihan Santo Yohanes Pembaptis sebagai santo lingkungan Sampangan baru disebabkan karena lingkungan ini dahulunya adalah pelopor wilayah Sampangan (seperti Yohanes Pembaptis yang menjadi pelopor pembuka jalan bagi Tuhan). Wilayah lingkungan Sampangan Baru mulai dari Papandayan, Bukit Unggul, hingga Lamongan yang semuanya dibagi menjadi empat blok.

Kegiatan – kegiatan lingkungan

Keterlibatan para warga juga bervariasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh lingkungan. Selain kegiatan rutin seperti doa lingkungan, Rosario, juga diadakan pertemuan bapak-bapak pada malam Selasa Kliwon. Ada pendalaman kitab Suci bagi ibu-ibu. Ada arisan ibu-ibu Katolik Sampangan dan latihan koor untuk persiapan tugas lingkungan. Sedangkan, keterlibatan kaum muda di lingkungan dirasa masih kurang.