Lingkungan Santo Lukas – Sampangan II

Sejarah lingkungan

Merupakan salah satu lingkungan yang ada di wilayah gereja Santo Paulus Sampangan. Lingkungan ini dulunya merupakan satuan dari Sampangan Baru dan Sampangan I, karena perkembangan umat maka dibagi.

Lingkungan yang pernah mengadakan retret keluarga ini terletak di sebelah timur gereja. Bagian barat dibatasi jalan Menoreh raya, bagian selatan dibatasi jalan Menoreh 1, bagian timur oleh jalan Lamongan dan bagian utara dibatasi sungai Sampangan.

 

Latar belakang pemilihan nama pelindung

Lingkungan yang beranggotakan ± 192 warga ini, mengangkat St. Lukas sebagai santo pelindung. Dulu rencananya akan memakai nama St. Yohanes guna mengingat nama pamong lingkungan Sampangan II yang pertama, tetapi nama St. Yohanes sudah dipakai lingkungan yang lain.

St. Lukas adalah seorang dokter dari Antiokia, harapannya umat lingkungan Sampangan II selalu sehat. Tapi, disamping itu alasan yang paling mendasar adalah St. Lukas merupakan sahabat sekaligus teman seperjuangan St. Paulus, harapannya umat lingkungan Sampangan II bisa menjadi rekan kerja lingkungan lain di wilayah gereja St. Paulus dengan tujuan memajukan dan mengembangkan gereja St. Paulus Sampangan menjadi lebih baik.

 

Kegiatan – kegiatan lingkungan

Lingkungan St. Lukas Sampangan II juga mempunyai beberapa paguyuban, diantaranya bapak-bapak yang berkumpul secara rutin setiap malam “SETU LEGI”. Selain itu, juga mengikuti kegiatan sesuai wilayah, contohnya doa Rosario, pendalaman iman, dll. Dilihat dari program kerjanya, pada moment-moment tertentu ibu-ibu mengadakan kegiatan doa bersama yang dilaksanakan di luar lingkungan, seperti di Gua Maria Kerep atau di Rawa Seneng.

Lingkungan ini terkenal dengan sebutan “Lingkungan Gagal KB”, karena OMK-nya banyak. Mereka aktif di gereja, namun ironisnya mereka justru jarang terlihat di lingkungan. Meskipun demikian, lingkungan ini mempunyai keguyuban umat yang dapat dibanggakan. Tentunya ada faktor yang mendukung diantaranya letak geografis, areal tanah yang rata, dan lingkup yang tidak terlalu luas.