Lingkungan Santo Fransiskus de Sales – Bendan Dhuwur

Sejarah lingkungan

Dulunya lingkungan ini bernama lingkungan Tugu Soeharto. Kemudian pecah jadi dua karena perkembangan umat menjadi lingkungan Tugu Soeharto I dan Tugu Soeharto II.

 

Latar belakang pemilihan nama pelindung

Ketika 14 tahun lalu Gereja St. Paulus mencanangkan nama-nama Santo atau Santa yang melekat pada nama lingkungan, maka lingkungan Tugu Soeharto I memilih nama Santo Fransiskus de Sales sebagai pelindung lingkungan yang biasa dirayakan pada tanggal 21 Januari. Pada historisnya Santo ini merupakan cendekiawan yang suka membaca dan menulis dan hal ini sangat sesuai dengan warga lingkungan yang didominasi oleh Pendidik, Mahasiswa, Pegawai dan para cendekiawan. Dengan demikian warga yang berada dalam naungan Santo Fransiskus de Sales berharap anak-cucu semua warga di lingkungan ini juga dapat mengikuti teladan Santo Fransiskus de Sales.

 

Kegiatan – kegiatan lingkungan

Kegiatan rutin lingkungan ini adalah doa Rosario di bulan Mei dan Oktober, pendalaman Kitab Suci di bulan September, kegiatan Adven dan Prapaskah, dan juga ziarah, Misa Lingkungan, perayaan Natal dan tahun Baru, Pesta nama Lingkungan, serta arisan dan aksi sosial yang dilakukan oleh ibu-ibu Sanfrades, dan juga latihan koor bersama yang dilakukan oleh   OMK, sharing, dan doa   bersama. Beberapa hal yang dapat dibanggakan dari lingkungan ini adalah kami pernah jadi juara I Paduan Suara antar lingkungan se-Gereja St. Paulus Sampangan pada tahun 2006. Pada tahun 2016, meraih juara ketiga lomba Paduan Suara antar lingkungan se – wilayah Santo Paulus Sampangan. Kegiatan tersebut untuk memeriahkan pesta nama gereja.

Umat lingkungan Sanfrades layak berbangga karena Romo Budi telah memilih lingkungan ini menjadi Sekretariat Majalah Inspirasi, dan ternyata munculnya majalah ini turut melibatkan tokoh muda di lingkungan Sanfrades, kami sadar bahwa itu semua adalah buah dari doa Santo Fransiskus de Sales. Saat ini lingkungan Sanfrades mempunyai 30 OMK. Mereka punya talenta yang dapat mensupport perkembangan lingkungan menjadi lebih dinamis. Ini semua berkat peran serta dari masing-masing orang tua dari OMK di lingkungan tersebut.